[TIPS] Double Cleansing 101

by - April 21, 2017


Hi, Indonesians!

Siapa yang di sini kalo cuci muka cuma cuci muka pake sabun? Atau abis pake sabun baru pake milk cleanser? Hayo ngaku 😛

Menurut Korean Beauty (atau biasa disingkat K-Beauty), yang kaya gitu tuh salah besar!

Kalian tau gak sih kalo ngebersihin muka sekali doang pake sabun itu gak cukup? Karena gak akan bisa mengangkat kotoran yang ada di muka setelah seharian beraktivitas secara menyeluruh, jadinya kurang bersih gitu. Apalagi kalo kamu pake make up, wah gak akan bisa tuntas bersihnya kalo cuma cuci muka pake sabun.

Dulu sebelum kenal K-Beauty, aku juga kaya gitu. Kalo lagi gak pake make up, aku cuma cuci muka pake facial wash aja (waktu itu aku pake The Body Shop Skin Clearing Tea Tree Face Wash). Kalo lagi pake make up baru aku pake make up cleanser sebelumnya (aku dulu pake Maybelline Clean Express Miracle Water buat seluruh muka dan L'Oreal Lip and Eye Makeup Remover buat mata sama bibir).

Lebih parah lagi waktu aku masih SMA malah, bisa-bisa cuma pake Pond's White Beauty Facial Foam dan langsung tidur, tanpa skincare apapun. Maklum, masih masa jahiliyah, belum sayang sama kulit 😫

Padahal, skincare yang baik dimulai dari kulit yang bersih. Jadi bisa dibilang kalo tahap cleansing itu tahap paling penting dalam skincare routine kita. Hal yang sebelumnya dianggap remeh malah sebenarnya hal yang paling fundamental (karena aku punya banyak temen yang produk skincare macam serum gitu mahal buangets, tapi dia kurang investasi di cleanser yang bagus).

Kalo gitu gimana sih caranya supaya kita bisa tuntas membersihkan semua kotoran dari muka? K-Beauty lah yang pertama memperkenalkan rutinitas double cleansing untuk menjawab pertanyaan itu.

Nah, di sini aku pengen sharing cara double cleansing untuk pemula, terutama yang masih awam sama K-Beauty routine supaya bisa tahu kaya gimana double cleansing yang benar.

The Basic of Double Cleansing
Salah satu online marketplace paling terkemuka di Amerika Serikat yang spesialisasinya adalah produk-produk K-Beauty, Soko Glam, pernah bilang kalo kita gak akan bisa benar-benar membersihkan kulit kita secara tuntas kalo cuma pake satu macam formula. Inti dari double cleansing sendiri adalah menggunakan dua produk dengan formulasi yang berbeda supaya bisa saling melengkapi untuk membersihkan kulit kita.

Double cleansing sendiri terdiri dari dua tahap:
1. First Cleansing
2. Second Cleansing
Masing-masing tahap menggunakan jenis produk yang berbeda dan formulasi yang berbeda pula.

First Cleansing
Tahap pertama dimulai dengan menggunakan pembersih wajah yang dipakai tanpa dibilas atau bukan merupakan sabun. Idealnya, pilih produk yang bukan berbahan dasar air atau water-based, tapi berbahan dasar minyak atau oil-based.

Kenapa?

Karena cleanser berbahan dasar air gak bisa turut membersihkan kotoran-kotoran yang sifatnya oil-based. Tanya kenapa lagi? Kaya yang udah kita pelajari waktu kelas IPA di SD, karena air dan minyak gimana-gimana pun gak bisa nyatu. Ibarat kamu dan doi, kalo gak cocok kan juga gak bakal bisa bersatu (apa sih Deth 😓).

Sedangkan kotoran atau debris yang sifatnya oil-based tuh punya potensi lebih besar untuk menyumbat pori-pori wajah sehingga menimbulkan jerawat dan masalah-masalah kulit lainnya. Contoh dari debris yang oil-based adalah sebum atau kelebihan minyak di pori-pori wajah, make up (yang kebanyakan susah dibersihin kalo cuma pake cleanser yang water-based aja, apalagi kalo waterproof atau tahan air), dan berbagai macam polutan.

Jadi, tahap ini bisa dibilang sangat penting karena di sinilah kamu punya kesempatan untuk benar-benar membersihkan kulitmu dari kotoran-kotoran oil-based yang sering terlupakan untuk dibersihkan.

Cara pakai cleanser yang bersifat oil-based dan kental bisa dengan cara menggunakan tangan, lalu dipijat-pijatkan ke muka untuk mengangkat kotoran dan make up, kemudian dibersihkan menggunakan kapas atau tisu. Bisa juga dengan cara diemulsifikasikan dengan air, kemudian dibilas dan langsung dilanjutkan ke second cleanser, semuanya tergantung produk yang dipakai. Maka dari itu, jangan lupa buat baca dulu petunjuk pemakaian, ya!

Ada berbagai jenis first cleanser yang bisa dipilih sesuai selera, budget, dan jenis kulitmu. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jenis produk tertentu. Beberapa di antaranya adalah Cleansing Oil dan Cleansing Balm.

Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil | Photo credit to Soko Glam
Banila Co. Clean It Zero Cleansing Oil Balm | Photo credit to Soko Glam

Tapi untuk kalian yang kurang suka menggunakan produk-produk yang sangat oil-based kaya di atas, bisa coba biphase cleanser yang penggunaannya lebih mudah, a.k.a. cuma pake kapas kaya biasanya. Selain itu, bisa juga pake milk cleanseryang notabene adalah first cleanser paling populer di kalangan perempuan Indonesia, dilihat dari produknya yang bisa kita temui di mana-mana.

L'Oreal Lip and eye Make-Up Remover | Photo credit to Mugeek Vidalondon
Viva Milk Cleanser Bengkuang | Photo credit to Seroya Mart

Oh iya, untuk berbagai jenis kulit yang kurang cocok menggunakan cleanser apa pun di atas, bisa juga coba micellar water yang lagi ngetren di Indonesia saat ini. Meskipun produk ini water-based, diklaim bisa mengangkat make up yang waterproof sekalipun (di klaimnya) karena formulasinya yang berbeda dan inovatif.

Aku pribadi lebih suka pake micellar water sih, karena praktis dan bikin seger. Aku pake Corine de Farme Purity Micellar Water. Sekarang sudah banyak merek-merek drugstore yang mengeluarkan produk micellar water versi mereka sendiri dengan harga yang relatif gak mahal juga, jadi bisa lebih terjangkau.

Selain itu, ada beberapa merek seperti Corine de Farme yang berinovasi membuat produk micellar gel, sama seperti micellar water tapi bedanya bentuknya gel.

Garnier Micellar Cleansing Water | Photo credit to Elle Sees
Corine de Farme Micellar Gel | Photo credit to Tesco

Second Cleansing
Di tahap ini, kita baru menggunakan pembersih wajah yang dipakai dengan air, atau ibaratnya merupakan sabun (meskipun gak semua second cleanser mengandung sabun secara kimiawi). Untuk second cleanser sendiri, barulah kita menggunakan produk-produk yang sifatnya water-based (ya iya sih, namanya juga sabun yang bisa dibilas pake air). Biasanya second cleanser ini karakteristiknya gampang: menghasilkan busa! Hahaha.

Second cleanser inilah yang akan mengakhiri ritual double cleansing dan membersihkan seluruh kotoran yang masih tersisa dari tahap first cleansing, termasuk sisa-sisa produk first cleanser yang masih tertinggal di kulit kita.

Produk yang bisa kita pake sangat beragam, yang penting bisa disebut sebagai sabun muka dah! Mulai dari produk-produk drugstore yang murah meriah cuma 10 ribuan udah dapet, sampe face cleanser tingkat dewa kaya Sunday Riley's Ceramic Slip Clay Cleanser yang harganya jutaan rupiah.

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser | Photo credit to Soko Glam

Nah Indonesians, itulah dasar dari double cleansing, semoga bermanfaat! Dan selamat mencoba ber-double cleansing ria demi kulit yang lebih baik 💛 Jangan lupa share tulisan ini ke temen-temen kamu supaya mereka jadi tahu cara-cara double cleansing yang baik dan benar, ya.

Got any questions and/or suggestions?
Kindly share them in the comment section below

You May Also Like

7 comments

  1. Halo ka detha. Aku sering ngeliat kakak di akun bnm hehe. Jadi ka aku mau tanya, sebenernya double cleansing ini perlu dilakuin berapa kali sehari sih? Tiap pagi sama malem aja atau gimana?
    Nah, aku orangnya kebiasaan cuci muka pas mandi sore (kl kebetulan lagi ga kemana2), kebiasaanku kaya gitu bagus ga sih kak? Jadi hitungannya aku cuci muka 3x sehari. Thanks for your answer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Iftitah ♡ Makasih udah mampir di The Indonesian Skin ya! Hehe iya nih kayanya aku terlalu sering nongol di BNM yak? 😂

      Menurut aku, double cleansing paling tepat dilakuin ketika kamu akan memulai skincare routine sebelum tidur, karena seluruh kotoran yang terakumulasi di wajahmu setelah seharian beraktivitas bakal dibersihin disitu 😁 Di tahap ini kamu bisa mbersihin kulit kamu secara thoroughly.

      Kalo 3x gara-gara mandi sore, menurutku masih wajar kok. Apalagi orang Indonesia yang udah kebiasa mandi 2x sehari waktu pagi sama sore.

      But, it would be better kalo kamu pilih sabun muka yang mild dan gak bikin kulit kering karena kalo keseringan cuci muka bisa bikin kulit korosi dan kering, karena melunturkan pelembab alami kulit.

      Idealnya emang cuci muka tuh 2x sehari doang sih, waktu pagi dan malem. Tapi gapapa, akalin aja dengan cara tadi plus jangan pernah skip pelembab ya supaya kulitmu gak kering dan iritasi jangka
      panjangnya 😁

      Semoga membantu ya, Iftitah ^^ Once again, thanks a lot sudah baca artikel ini! Sering-sering mampir kesini ya ♡

      Delete
  2. jadi kak, meskipun kita aktivitas nya ga pake makeup dan cuma pake skincare. tetap harus double cleansing ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cindy ♡
      Thanks udah mampir ke The Indonesian Skin!

      Yup, tepat sekali! Meski kita gak pake makeup, tetep wajib hukumnya buat kita double cleansing karena banyak residu dari skincare, polusi, sama radikal bebas yang stuck di kulit kita. Belum lagi sisa-sisa minyak atau sebum, yang kalo gak dibersihin dengan bener bisa bikin kejebak di pori-pori terus jerawatan deh :(

      Jadi jangan lupa ya buat double cleansing! Meski gak pake makeup seharian, tetep harus dong dibersihin sebersih-bersihnya hehe namanya juga kulit wajah.

      Anyways, semoga membantu ya Cindy! Sekali lagi makasih udah baca artikel ini, sering-sering mampir ya ♡

      Delete
  3. Kalau pake viva itu harus dua duanya atau boleh yg milk cleanser menurut kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, makasih udah mampir ke The Indonesian Skin ♡

      Waduh, maksudnya "dua-duanya" itu apa ya? Aku kok kurang mudeng hehe sori ya :(

      Delete
  4. kak, kalau toner itu dipakainya sesudah facial wash atau milk cleanser?

    ReplyDelete